Kedatangan Obama Ke Indonesia


Setelah dua kali membatalkan kedatangannya di Indonesia, akhirnya besok tanggal 9 November 2010, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama akan tiba di bandara Halim Perdana Kusuma setelah kunjungannya ke India. Rupanya letusan Gunung Merapi yang memaksa banyak maskapai asing enggan melakukan penerbangan ke Indonesia tidak menyurutkan langkah sang presiden dengan Air Force One-nya untuk melawat Indonesia setelah gagal dalam dua rencana sebelumnya.

Kunjungan dua hari Obama ke Indonesia tentunya akan berisi jadwal yang sangat padat.

Setelah mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Obama akan segera menuju ke Istana Negara untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Ben Rhodes, salah seorang pejabat kantor kepresidenan di Gedung Putih, dalam pembicaraan bilateral ini Presiden Barack Obama akan menekankan bahwa Indonesia merupakan mitra utama dalam upaya AS untuk menjangkau dunia muslim dan berhubungan dengan perekonomian Asia Tenggara yang dinamis dan berkembang cepat dan bagaimana cara membangun kemitraan ini dengan Indonesia.

Pertemuan kedua presiden ini akan dilanjutkan dengan konferensi pers bersama, dan pada malam hari Obama akan menghadiri jamuan makan malam dengan beberapa tamu undangan.

Keesokan harinya tanggal 10 Nopember 2010, Obama akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan di Kalibata untuk memberikan penghormatan kepada para pejuang dan pahlawan Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Dari Kalibata, Obama akan menuju Universitas Indonesia menggunakan helicopter untuk memberikan kuliah umum di Universitas terbesar di Indonesia ini. Dalam pidato ini Obama akan membahas tentang hubungan yang dapat dibangun antara AS dan Indonesia, demokrasi dan upaya AS untuk menyentuh komunitas Muslim di seluruh dunia serta pluralisme dan toleransi yang ada di Indonesia saat ini.

Sayang, jadwal Obama yang sangat sempit tidak memungkinkan presiden ke 44 dan sekaligus presiden berkulit hitam Amerika Serikat pertama ini menyambangi korban bencana meletusnya gunung Merapi.

Setelah selesai dari Indonesia, Obama akan melanjutkan kunjungan berikutnya ke Seoul Korea Selatan.


Category Article ,

What's on Your Mind...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Handphone News

YeaH. Powered by Blogger.